Kecil-kecil Cabe Rawit

Selasa, Juni 20, 2017


NOTEBOOK SEUKURAN A4? PERCAYA?
Membaca judul di atas, beberapa di antara kalian (mungkin) menganggapnya dengan pesimis. Masa sih? Mana ada notebook ukuran A4?, Bohong kali nih, dan lain sebagainnya. Tapi ini benar dan nyata. Iya, siapa lagi kalau bukan perusahaan asal Taiwan yang sudah mendomisil pasar laptop di kawasan Asia kalau bukan ASUS, termasuk Indonesia.

Dulu awal gue masuk dunia perkuliahan, di mana-mana semua mahasiswanya menggunakan laptop merek ASUS. Lihat ke depan pakai laptop ASUS, lihat ke samping kanan dan kiri pakai laptop ASUS, lihat ke belakang pun sama, pakai laptop ASUS. Sampai-sampai dosen gue pun pakai laptop merek ini. Mungkin bisa dibilang 90% pakai ASUS, 10%-nya merek lain. Terlebih saat ASUS mulai memasuki pasar ponsel dan mengeluarkan varian smartphone andalannya yaitu Zenfone. Tambah lagi pengguna produk ASUS. Termasuk gue. Gue sendiri mulai menggunakan produk ASUS dari smartphone-nya terlebih dahulu, Zenfone yang gue pakai waktu itu masih generasi awal, sampai kini Zenfone sudah memasuki generasi ketiga dan makin wah dengan segala teknologi yang disematkannya ke dalam smartphone yang diproduksinya.

Nggak mau terfokus dan melupakan pondasi dari mana ASUS bisa menjadi perusahaan teknologi yang berpengaruh hingga saat ini. ASUS pun mengeluarkan notebook andalannya yaitu, ASUS E202. Dengan mengusung kata produktif dan kreatif, bisa dibilang ASUS cukup produktif dalam mengeluarkan varian produk terbarunya, dari smartphone, laptop, sampai notebooknya. Ditambah lagi ASUS semakin hari semakin kreatif, dengan melihat peluang dan target yang disasarnya, karena desain dari ASUS E202 bisa dibilang ringan dan enak dipandang, enak juga digenggam.

Notebook ASUS E202 sendiri hadir dengan versi DOS (Disk Operating System) dan Windows 10. Serta tersedia dalam beberapa varian warna dari Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Red Rouge.
Pilihan warna notebook ASUS E202.
Nah, kembali ke kata produktif dan kreatif. Produsennya sendiri sudah menerapkan kedua kata tersebut. Selanjutnya tinggal pengguna. Iya, kalau kalian termasuk orang yang cukup sibuk dengan segala pekerjaan, baik sebagai mahasiswa yang mengerjakan laporan, makalah, karya ilmiah dan lain sebagainya, pekerja kantoran yang membuat presentasi kepada client, atau freelancer yang dikejar deadline. Maka notebook ASUS E202 inilah jawaban dari permasalahan yang kalian hadapi.

Kok malah notebook ASUS E202 yang jadi jawabannya?
Iya dong, misalnya aja gue yang saat ini masih mahasiswa tingkat 2 akhir dan gue kuliah pada program diploma serta jurusan yang gue ambil berkaitan dengan teknologi. Kebayang dong gimana produktifnya gue kuliah dan praktikum. Berbeda dengan program S1 (strata), program diploma sendiri menerapkan SKS (Sistem Kredit Semester) yang bisa dibilang lebih banyak praktikum ketimbang kuliah. Misalnya aja, satu mata kuliah 3 SKS, 1 SKS untuk kuliah dan 2 SKS untuk praktikum. Sedangkan 1 SKS kuliah setara dengan 50 menit. Sedangkan lagi 2 SKS praktikum setara dengan 4 jam. Selama 4 jam itu pula gue duduk menghadap komputer di lab. Terkadang juga gue menggunakan laptop, dengan ukuran standar 14". Laptop yang gue bawa setiap praktikum memiliki bobot yang dibilang lumayan. Maksudnya lumayan bikin pundak sakit, kalau harus berpindah-pindah lab satu ke lab komputer yang lain. Makanya, dengan adanya notebook ASUS E202 ini bisa menjadi jawaban dari keresahan pengguna. Gimana nggak?

BERTENAGA
Notebook ASUS E202 sendiri dibekali dengan prosesor Intel Celeron Dual-Core N3050 Processor, 2.16 GHz. Keuntungan menggunakan prosesor ini yaitu dalam pemanggilan data yang disimpan akan lebih cepat, karena prosesor ini sendiri memiliki besaran L2 cache sampai dua kali lipat. L2 cache berfungsi untuk menyimpan data yang sering dipanggil ketika proses. Sehingga pemrosesan data pun akan lebih cepat. Terbayang kan, gimana kalau salah satu di antara kalian sedang terburu-buru dikejar deadline, sedangkan halangan ada aja yang dateng, semisalnya saat kalian ingin mencetak tugas, file­ pada flashdisk kalian malah kena virus di komputer tempat print. Gue sendiri pernah mengalaminya, untungnya pada waktu itu gue bawa laptop.

Menilisik lebih jauh lagi proses manufaktur pada prosesor ini sudah memakai proses 14nm yang lebih efisien dari segi penggunaannya. Efisiennya dalam hal apa tuh?
Ketahanan baterai sampai 8 jam.
Kalau kalian sedang mengerjakan sesuatu entah itu makalah, design, dan lain sebagainya, daya yang digunakan untuk bekerja dan menjalankan aplikasi tersebut tidaklah banyak. Dikarenakan prosesor Intel Celeron Dual-Core N3050 sendiri dapat menghemat daya hingga 20%, sehingga lebih awet dan ketahanan baterai notebook ASUS E202 ini sendiri bisa sampai 8 jam. Jadi nggak perlu takut kehabisan daya pada notebook ini. Ditambah lagi pengisian daya notebook ASUS E202 ini sudah didukung dengan port USB 3.1 Type-C, dengan port ini pengisian daya akan lebih cepat dan tidak memakan waktu banyak. Karena USB 3.1 Type-C dapat mengalirkan arus listrik mencapai 20 Volt dan 5 Ampere. Kelebihan lainnya dari USB 3.1 Type-C ini yaitu: dapat dibolak-balik (reversible) karena sisi atas dan bawah dari USB 3.1 Type-C ini sama, mengusung desain yang ramping, transfer data yang lebih cepat dari USB 2.0 dan USB 3.0 yang mana kecepatan transfer datanya bisa mencapai 10 Gb/detik.

TANGGUH
Kenapa gue bisa bilang notebook ASUS E202 tangguh? Walaupun RAM yang dibenamkan pada notebook ini hanya sebesar 2 GB dan sudah tertanam pada boardnya. Akan tetapi kinerjanya nggak bisa kita anggap remeh, karena pemrosesan data dan saat membuka aplikasi bisa lebih cepat dari biasanya karena sudah didukung oleh prosesor Intel Celeron Dual-Core N3050 yang mampu sampai ke titik 2.16 GHz ketika dalam kondisi turbo clock speed.

NYAMAN
Ternyata kenyamanan nggak hanya didapatkan ketika kita dekat dengan seseorang. Tetapi bisa juga nyaman karena menggunakan notebook ASUS E202. Kenapa notebook ASUS E202 bisa buat nyaman? Emang dia punya perasaan?

Eits, jangan salah sangka dulu. Notebook ASUS E202 ini bisa membuat kita nyaman dengan desainnya yang sederhana namun berkesan. Iya, karena notebook ASUS E202 ini bisa dibilang pas untuk kalangan remaja, dengan lebar layar 11.6" atau dimensinya seukuran kertas A4, notebook ini pas untuk dibawa ke mana saja. Ngerjain tugas di kafe? Oke. Nongkrong di kampus sambil wifian? Oke. Diampit dan ditenteng dengan satu tangan? Juga oke. Kenapa bisa gitu?
Nyaman digunakan kapan pun dan di mana pun.
Karena bobot yang dimiliki oleh notebook ASUS E202 ini cukup ringan yaitu 1.21 Kg aja dan mudah untuk ditaruh di dalam tas kecil, bisa dibilang notebook ini nggak menghabiskan banyak tempat. Cocok banget buat anak muda yang nggak mau ribet.
Nyaman saat ditenteng dengan sebelah tangan karena bobot notebook ASUS E202 yang ringan.
Selain itu, ada lagi satu hal yang membuat notebook ASUS E202 terasa nyamannya saat digunakan, yaitu touchpad. Iya, touchpad. Nah, berbicara soal touchpad, di antara kita mungkin pernah mengalami saat scroll-scroll tapi scrollnya ngga begitu jauh. Nah, notebook ASUS E202 ini hadir dengan touchpad yang lebih responsif, seperti kalian meyapu tangan kalian ke kiri dan ke kanan serta ke atas dan ke bawah layaknya pada sebuah layar smartphone. Ditambah lagi touchpad pada notebook ASUS E202 ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi, jadi nggak mungkin deh tuh yang namanya scroll tapi macet-macetan. Bukan hanya sampai di situ aja, ukuran touchpad pada notebook ASUS E202 ini 36% lebih besar daripada notebook yang memiliki lebar layar sama dengan notebook ini.
Fitur Asus Smart Gesture. (Sumber: www.asus.com/id)
Nggak lengkap kalau touchpad pada notebook ASUS E202 nggak ditambahin dengan fitur yang satu ini, ASUS Smart Gesture, dengan fitur ini touchpad pada notebook ASUS E202 terasa lebih maksimal kinerjanya. Kalau ingin zoom in/out hanya menggerakan dua jari di atas touchpad selayaknya sedang mencubit, kalau ingin memindahkan atau menyalin file ke direktori yang lain hanya dengan menggerakan satu jari di atas touchpad dan arahkan ke direktori/folder yang dituju. Kalau ingin scroll di suatu halaman hanya dengan menaruh dua jari di atas touchpad dan gerakan ke atas atau ke bawah. Dan yang terakhir, kalau ingin menggunakan Cortona pada Windows 10, hanya perlu menaruh tiga jari di tengah-tengah touchpad secara otomatis Cortona akan terbuka.
Sumber: www.asus.com/id
Kenyamanan yang kita dapat berikutnya datang dari keyboard. Iya, keyboard pada notebook ASUS E202 dilengkapi dengan one-piece chiclet. Apaan tuh one-piece chiclet?
One-piece chiclet merupakan teknologi yang disematkan pada keyboard agar pengguna merasakan pengalaman mengetik yang berbeda, yang didukung dengan jarak antar keyboard 1.66mm yang membuat pengetikan semakin nyaman dan kokoh. Konon bisa tahan sampai 10 juta kali pengetikan. Gile bener nggak tuh. 😎

LUAS
Kelebihan selanjutnya selain daya yang tahan lama, prosesor yang cepat dalam pengaksesan data, serta desain yang sederhana namun berkesan. Seperti yang kita tahu kebanyakan produsen notebook menjual notebooknya hanya dilengkapi dengan flash storange yang mana kapasitasnya pun tidak terlalu luas untuk menyimpan keperluan data pengguna. Hal tersebut bertujuan untuk memangkas harga dari notebook yang dijual. Tetapi berbeda dengan yang ditawarkan oleh ASUS. ASUS sendiri tahu kebutuhan konsumen, yang membutuhkan media penyimpanan lebih dari sekedar flash storange. Oleh karena itu, media penyimpanan pada notebook ASUS E202 berupa harddisk yang berkapasitas 500Gb. Kapasitas segitu pun sudah terbilang luas, karena sudah bisa menyimpan data sistem operasi dan data penggunanya.

KECIL-KECIL CABE RAWIT
Yap, pastinya kita akrab dengan pribahasa tersebut. Kecil-kecil cabe rawit. Pribahasa tersebut menurut gue cocok mewakili notebook ASUS E202 ini, sebab apa? Walaupun ukuran notebook ASUS E202 ini terbilang kecil, tapi notebook ini berisi. Spesifikasi yang mumpuni, teknologi dan fitur yang disematkan terbilang baru dan belum ada di produk ASUS sebelumnya. Ditambah lagi, untuk memanjakan mata pengguna, notebook ASUS E202 sendiri dilengkapi dengan teknologi ASUS Splendid. Teknologi ASUS Splendid berfungsi untuk memberikan pengalaman kepada pengguna berupa akurasi warna secara otomatis yang disesuaikan dengan display setting optimal untuk semua gambar yang ada. Hasil yang ditampilkan akan lebih kaya, warna yang lebih dalam, dan tampilan yang luar biasa baik saat pengguna menonton film atau sekedar melihat hasil jepretan foto melalui notebook ASUS E202.
Nyaman digunakan secara bersamaan dengan notebook atau laptop yang lain di suatu meja, karena notebook ASUS E202 tidak memakan tempat banyak.
Notebook ASUS E202 ini memiliki fitur 2 kualitas audio yang terbaik, speaker yang menghadap depan dapat langsung dinikmati pengguna baik ketika menonton film/video atau mendengarkan musik. Kurang lengkap kalau hanya kalau kualitas audio yang terbaik apabila tidak dipadukan dengan teknologi ASUS SonicMaster, yang kita tahu dengan teknologi ini suara yang dihasilkan melalui speaker akan lebih dalam dan bersih, walau pun volume audio dalam keadaan tinggi.

Nah, itu beberapa kelebihan serta manfaat kalau menggunakan notebook ASUS E202. Berikut ini gue kasih tips untuk memilih notebook agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Hehehe.. 😀
  1. Pilih sesuai kebutuhan: kalau ingin ganti dan berniat membeli notebook baru tentunya pilihlah yang sesuai kebutuhan pengguna. Kalau di antara kalian masih sebagai mahasiswa yang notabenenya nggak mau ribet, nggak mau berat, dan lain sebagainya. Maka pilihannya pakai notebook. Eits, tapi tunggu dulu, apabila jurusan kalian sebagai mahasiswa menuntut kalian harus memiliki notebook yang spesifikasinya dapat menunjang software yang digunakan selama masa perkuliahan ada baiknya kalian melihat spesifikasi minimum dan rekomendasi dari software tersebut. Biasanya memang mahasiswa Teknik Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, dan Teknik Informatika yang membutuhkan spesifikasi notebook atau laptop yang tinggi. Kemudian apabila sudah mendapatkan informasi spesifikasi rekomendasi software yang akan digunakan, jadikan itu sebagai patokan kalian untuk memilih notebook atau laptop. Namun apabila kalian termasuk mahasiswa yang tidak terlalu mementingkan spesifikasi notebook atau laptop yang akan dibeli, maka notebook ASUS E202 ini cocok banget, karena kelebihan dan manfaatnya yang tadi sudah gue jelaskan di atas.
  2. Pilih sesuai selera: yap, pilihlah notebook atau laptop sesuai selera. Menurut gue selain kita melihat spesifikasi dari notebook dan laptop yang akan dibeli. Kita juga harus pandai-pandai mencari notebook atau laptop yang menurut kita enak dipandang dan digunakannya pun nyaman. Contohnya aja, gue orang yang suka warna merah, otomatis setelah melihat tipe notebook atau laptop pilihan gue, gue akan mencari informasi selanjutnya apakah notebook atau laptop ini tersedia dalam berbagai warna atau tidak kalau iya, pastinya gue akan milih yang warna merah. Nah, kebetulan banget kan notebook ASUS E202 ini memiliki beberapa varian warna yang tersedia serta sudah sepaket dengan Windows 10 yang tentunya orisinal dari Microsoftnya.
  3. Pilih sesuai budget: nah, yang terakhir inilah yang menentukan notebook atau laptop pilihan kalian dapat terbeli atau nggaknya. Kalau kalian hanya memiliki budget yang nggak terlalu banyak, sebaiknya mencari notebook atau laptop yang memiliki spesifikasi yang hampir mendekati dengan pilihan notebook atau laptop yang sudah masuk ke wishlist kalian. Karena apa? Kalau kalian memaksakan diri untuk membeli notebook atau laptop yang sudah ada di wishlist, yang terjadi kemudian notebook atau laptop tersebut tidak jadi terbeli dan akhirnya kalian menabung lagi sisa budget yang kurang. Sedangkan selama kalian menabung sisa budget yang kurang tersebut, maka secara berkala produsen akan mengeluarkan notebook atau laptop dengan teknologi yang baru, spesifikasi yang lebih tinggi, fitur yang mumpuni. Akhirnya, notebook atau laptop yang sudah ada di wishlist kalian sudah ketinggalan jaman katenye... Oke sip, jangan nyanyi. Maka, solusinya belilah notebook atau laptop yang dari spesifikasi dan selera kalian hampir sama dengan yang sudah ada di wishlist kalian. Akan tetapi harganya terjangkau dan sesuai dengan budget yang kalian miliki.

***
Mungkin hanya itu yang dapat gue bagikan, semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Kalau ada salah kata dan kurangnya, mohon maaf. Karena manusia tidak dapat lepas dari kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. Baik yang disengaja atau pun tidak disengaja. Sekian dan terima kasih. 😁



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba
Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Tulisan yang lainnya:

1 komentar

  1. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    BalasHapus

Berikan komentar dan saran yang baik-baik, dengan tetap menjaga kesopanan dan ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE. Terima kasih :)